Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google

Puisi

Model Membaca Puisi Siswa Kelas XIIA1

12 April 2012

Tips dan Trick UNAS / UN 2012

Ujian Nasional (UN) 2012 sudah di depan mata. Usaha melalui belajar dan PIB (Program Intensif Belajar) juga telah kita lakukan bersama. Kita berharap tipe-tipe soal tidak jauh berbeda dengan soal-soal yang sudah kita bahas, meskipun isi soalnya boleh berbeda. Kita juga harus selalu optimis dengan hasil yang akan kita peroleh. Namun demikian, kita juga harus tetap waspada dan berusaha maksimal.
Sebagaimana keyakinan saya sebelumnya kalaupun ada yang tidak lulus, pasti tidak lebih dari 5%. Terlalu riskan bagi Pemerintah tidak meluluskan siswa UN lebih dari angka tersebut. Gejolak masyarakat dan protes akan muncul dimana-mana, meski itu seharusnya menjadi tanggung jawab siswa sebagai peserta UN sendiri.


Tips dan Trick
Pertama, sebagaimana sering saya pesankan, jangan sampai terjadi sebagaimana tahun 2008. Siswa kita tidak lulus 5 orang siswa. Ternyata mereka mendapat bocoran sms yang menjerumuskan mereka. Mereka terlalu percaya pada sms yang tidak bertanggung jawab. Langsung saja mereka kerjakan soal UN tersebut tanpa pertimbangan sama sekali. Hasilnya mereka gagal UN.

Kedua, soal UN khususnya bahasa Indonesia hampir semua berupa bacaan yang cukup panjang. Untuk membacanya saja butuh ketenangan dan konsentrasi yang sangat tinggi. Karena itu sebelumnya hendaknya cukup sarapan dan cukup istirahat. Jangan terlalu banyak aktivitas dan pikiran sebelumnya kecuali persiapan untuk UN.

Ketiga, beberapa kali di media massa tahun-tahun lalu selalu menilai soal UN bahasa Indonesia justru yang paling sulit, bukan Matematika atau IPA. Mengapa demikian? Hal ini karena option jawabannya hampir mirip, bahkan seringkali semua option benar. Yang harus dilakukan adalah memilih jawaban yang paling tepat di antara semua pilihan yang benar. Untuk itu lakukan eliminasi jawaban dengan cara menandai option-option tersebut mana yang salah dan mana yang benar. Akhirnya, lakukan pilihan jawaban yang paling tepat.

Keempat, jangan terlalu panik sehingga isian (arsiran) data identitas terlupakan. Yakinlah pasti akan lulus ketika kita sudah berusaha maksimal.

Kelima, kerjakan sendiri dan dengan kemampuan diri sendiri. Kalau tidak, berarti anda  membohongi diri sendiri dan tidak percaya diri.

Akhirnya selamat menempuh UN, semoga lulus semua dengan hasil yang maksimal.

1 komentar:

Masukan dan Komentar Anda