Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Puisi

Model Membaca Puisi Terbaik

09 Desember 2009

Hikayat (Bahan Ajar Kelas XI)

Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita , undang-undang, dan silsilah yang bersifat rekaan, keagamaan, histories, biografis; dibacakan untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau untuk meramaikan pesta.(KUBI). Hikayat merupakan salah satu bentuk sastra prosa lama yang berisikan tentang kisah, cerita, dongeng maupun sejarah. Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama. (Wikipedia)

Penjelasan Lebih Lanjut Download file di bawah ini :

Hikayat

2 komentar:

  1. terima kasih untuk materinya sungguh sangat bermanfaat dan membantu saya. kalau bisa tolong dilengkapi materinya mas, dari kelas x hingga kelas xii. Karena dengan begitu sungguh sangat membantu guru-guru muda (guru-guru baru seperti saya khususnya) dan guru-guru bahasa Indonesia pada umumnya. Dengan melengkapi teori-teori tersebut, secara tidak langsung sampean akan membantu meningkatkan kualitas para guru di Indonesia. Dan bila itu sampean lakukan, sampean telah membantu menyukseskan cita-cita bangsa yakni dengan membangun SDM yang bermutu dan siap membangun negeri tercinta ini, INDONESIA.

    BalasHapus

Masukan dan Komentar Anda

Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google