Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google

Puisi

Model Membaca Puisi Siswa Kelas XIIA1

08 Juni 2012

Berkolaborasi Memperkaya Inspirasi, Mengapa Tidak?


             Inspirasi kita buntu? Mengapa tidak berkolaborasi? Berkolaborasi dengan guru-guru bidang studi lain dalam membuat media pembelajaran dapat menjadi langkah yang paling tepat dalam memperkaya inspirasi.
           Event lomba membutuhkan topik yang tepat. Untuk itu saya sering  berpikir lintas mata pelajaran. Bila topik ‘layak dinominasikan juara’ tersebut dari matapelajaran lain, kita harus bekerjasama dengan guru-guru mata pelajaran tersebut. Itu pun bila mata pelajaran saya sendiri kurang maksimal untuk dinominasikan.
            Hal ini sudah saya buktikan. Saya harus bekerjasama dengan guru mata pelajaran Fiqih untuk media presentasi pembelajaran “Tatacara Penyelenggaraan Jenazah” yang memenangi Medali Perak (Silver Prize) Tingkat Nasional Depdiknas Jakarta Tahun 2006, dan “Mudahnya Melaksanakan Nikah” yang memenangi Juara 1 Tingkat Nasional Kemenag Tahun 2008. Karena saya memiliki pengalaman membuat desain media, para bidang studi Fiqih berperan untuk mengisi kontennya. (Saya juga pernah berkolaborasi dengan guru Matematika dan Ekonomi dalam membuat media).


               Namanya saja kolaborasi; kita harus bekerjasama dengan orang lain. Tanpa mereka, kemampuan desain media saya tidak berarti apa-apa, dan tanpa saya konten materi mereka kurang mendapatkan nilai tambah. Di samping hubungan yang saling menguntungkan “simbiosis mutualisme”, ternyata juga ada problema hubungan antarmanusia yang tidak boleh diabaikan. Mengapa? Secara otomatis kerjasama ini menuntut rekan kita melakukan pekerjaan tertentu. Mereka kita minta meresume materi, kita minta menjelaskan ini dan itu, dan banyak lagi. Faktor senioritas guru, watak guru, keterbukaan pemikiran dan wawasan, dan sebagainya ikut berperan.
     Karena itulah saya pikir perlu ada otoritas yang memberikan kewenangan saya untuk mengkoordinasikan team, menyuruh dan meminta anggota team melakukan sesuatu, dan sebagainya. Pemecahannya adalah menghadap pimpinan untuk membuatkan surat tugas masing-masing guru. Dengan surat tugas dari pimpinan, maka para guru yang ditunjuk tidak bisa menolak tanpa alasan yang mendasar. Itu pun harus didahului dengan mengusulkan dan menjelaskan kepada pimpinan sekolah bahwa semua itu dilakukan demi memperjuangkan citra sekolah.
Selanjutnya karena kita yang butuh, bahasa yang digunakan harus tetap baik untuk menjaga hubungan kerjasama tersebut lancar tanpa halangan berarti lagi. Debat, perbedaan pendapat, bahkan riak kecil konflik harus dihindarkan. Yang paling dibutuhkan adalah keadaan yang solid hingga produk media selesai.
Menyuruh orang tanpa imbalan, siapa yang mau? Untuk mengatasi hal tersebut saya selalu mengajukan proposal “project media” kepada pimpinan sejak awal berikut alokasi anggaran untuk masing-masing orang yang terlibat. Dalam hal ini kita harus adil; imbalan yang kita berikan harus dibanding dengan volume pekerjaan mereka.
Akhirnya saat yang paling menyenangkan adalah media yang kita ciptakan memperoleh kemenangan. Di sinilah kita kembali diuji keadilan dan kebijaksanaan kita. Kita tidak bisa lagi egois mengambil semua hadiah mengingat karya tersebut pekerjaan orang banyak. Kita tetap harus memberikan hak mereka, bila tidak ingin dikucilkan oleh yang lain.
Bila siswa terlibat, mereka juga harus diperhatikan. (Biasanya kami ajak makan bersama yang lumayan mewah). Meski tidak minta, kita pun jangan melupakan pimpinan agar project-project media selanjutnya mendapat dukungan dan lancar.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Masukan dan Komentar Anda