Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Puisi

Model Membaca Puisi Terbaik

07 Juni 2012

Virus Guru Go Blog, Awas Mudah Menular!


               Ya, guru Go Blog adalah guru yang mempunyai blog dan aktif menulis dalam media itu. Yang pasti, mereka siap menerima inovasi dan tidak gaptek lagi. Mereka pun siap mencari ilmu dan pengalaman dari internet dan beberapa fasilitas lain di dalamnya. Beberapa di antara mereka akan merasa “haus informasi dan pengalaman” yang bisa dipuaskan relatif mudah melalui internet.
               Hal ini saya buktikan sendiri. Saya menyadari betapa kayanya internet akan ilmu dan informasi. Dengan mudahnya kita bisa membuat makalah, karya ilmiah, atau artikel dengan terlebih dahulu memperkaya wawasan dari karya-karya orang lain dalam internet (bukan untuk menjiplak lho). Kita pun bisa berinteraksi dengan orang lain dengan social media (Blog, Facebook, Twitter, YM, dan lain-lain) untuk saling berbagi informasi dan pengalaman. Sementara itu, yang mengharapkan peluang ekonomis juga tersedia di dalamnya.


               Yang paling menarik bagi saya adalah blog. Hal ini karena saya senang menulis. Saat belajar dari para blogger lainnya, saya menyadari arti penting blog sebagai sarana berbagi informasi dan ilmu pengetahuan. Blog dapat pula dijadikan sarana pembelajaran di kelas. Karena itulah saya buatkan khusus blog untuk pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan bidang studi saya (http://wacana-bahasa.blogspot.com).
               Yang paling menarik bila ada tantangan lomba blog. Bila lomba tersebut sesuai dengan minat, pastilah saya ikuti meskipun akan menguras pikiran, perasaan, tenaga, bahkan stamina. Kreativitas dan estetika juga punya peranan penting di sini. Apalagi bila pesertanya banyak dan para jawara blogger turun gunung (maksud saya ikut berkompetisi) , tantangan menjadi semakin berat dan mengasyikkan. Kita pun bisa belajar dari teknik dan taktik para jawara tersebut. Bagi yang menang merupakan keberuntungan dan kebanggaan tersendiri. Namun, bagi yang kalah meskipun menelan kekecewaan namun tetap merupakan pemenang bagi diri sendiri. Hal ini karena dia telah berhasil menaklukkan diri sendiri untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam memperkaya blognya.
               Pengalaman penulis menjadi Juara 1 Tingkat Nasional Blog Kebahasaan di Balai Bahasa Bandung Tahun 2006 (dari blog di atas) memang cukup menyenangkan. Namun demikian, saat beberapa lomba blog lainnya (termasuk Guraru 2011 lalu) saya kalah, memang saya kecewa. Kebahagiaan saya yang tersisa adalah blog saya semakin kaya artikel meskipun  di tengah kesibukan yang padat.
               Entah suatu instink berbagi yang tidak dapat dicegah ataukah  “hasrat menjadi blogger” yang mengebu-gebu, virus Guru Go Blog menyebar kemana-mana. Berbagai seminar dan pelatihan blog muncul dimana-mana baik level local bahkan nasional. Saya pun mengalami dan melakukannya meskipun belum pernah kursus atau pelatihan. Berbekal blog yang pernah mendapat apresiasi Juara 1 Nasional tersebut, saya memberanikan diri mengajarkannya pada para guru dan siswa.
               Hasilnya tercipta blog-blog guru dari madrasah kami yang memuat segala hal yang gayut dengan mata pelajaran. Semua siswa saya haruskan memiliki blog sendiri untuk mengumpulkan tugas masing-masing dan ini sangat berhasil.  Beberapa siswa di antara bimbingan saya ada yang juara regional bahkan nasional.
               Semoga bermanfaat.
                
              
              
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan dan Komentar Anda

Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google