Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google

Puisi

Model Membaca Puisi Siswa Kelas XIIA1

30 Desember 2009

Lomba Foto 2010 Pramuka (Kepanduan) Asia-Pasifik

Kamu seorang anggota Gerakan Pramuka? Kamu senang memotret? Kalau jawabannya “ya”, ikutan Lomba Foto Kepanduan Asia-Pasifik, yuk!

Untuk ke delapan kalinya, World Scout Bureau/Asia-Pacific Region (WSB/APR) atau Biro Kepanduan Asia-Pasifik menyelenggarkan lomba foto yang terbuka bagi semua pandu di kawasan Asia-Pasifik. Pesertanya tidak dibatasi oleh usia, yang penting mereka adalah anggota organisasi kepanduan di negara masing-masing. Jadi, Pramuka Siaga (6-10 tahun) sampai Pembina Pramuka (di atas 25 tahun), semua boleh ikut serta.

Dalam edaran WSB/APR No.34 tertanggal 11 November 2009 yang ditandatangani oleh Direktur WSB/APR Abdullah Rasheed, disebutkan bahwa lomba foto bertajuk 8th APR Scout Photo Contest 2010 itu bertema “Community Based Scouting”. Tema itu, seperti dituliskan dalam edaran WSB/APR, dipilih untuk meningkatkan kesadaran dan perluasan kegiatan kepanduan di lingkungan masyarakat masing-masing.

Contohnya, kegiatan membina anak-anak yang bermasalah seperti anak jalanan, kegiatan kepanduan yang mengadakan bakti masyarakat di lingkungan setempat, pembentukan pusat pelatihan di komunitas yang diselenggarakan organisasi kepanduan, dan sejenisnya.

Lomba foto ini terbuka untuk semua anggota organisasi kepanduan di negara masing-masing yang berada di kawasan Asia-Pasifik. Semua peserta harus mengirimkan fotonya melalui organisasi nasional di negara masing-masing, dan di Indonesia melalui Biro Hubungan Masyarakat dan Pengabdian Masyarakat, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Jalan Medan Merdeka Timur No.6, Jakarta Pusat dengan kodepos 10110.

Foto dicetak di atas kertas berukuran 10R (20 x 25 cm) dan kertasnya boleh doff (tidak mengkilap) boleh glossy (mengkilap), serta dilengkapi dengan formulir yang ditempel di bagian belakang foto tersebut. Formulir tersebut berisikan nama lengkap pemotret, usia dan jenis kelamin, posisi dalam organisasi kepanduan dan tergabung dalam organisasi kepanduan apa, dan judul fotonya.

Formulir itu dapat diperoleh di Kwarnas Gerakan Pramuka, namun bagi yang belum memilikinya, cukup menuliskan di selembar kertas data-data tersebut. Kertas itu tidak perlu ditempel di bagian belakang foto, namun cukup dilampirkan bersama fotonya saja.

Perlu diingat, dalam pengiriman foto, harus dijaga jangan sampai terlipat atau tertekuk. Semua foto yang masuk menjadi milik panitia lomba, dan foto sudah harus sampai di Kwarnas Gerakan Pramuka paling lambat 10 Januari 2010.

Foto yang masuk akan diseleksi dan dinilai oleh tim juri internasional. Pada tahun-tahun sebelumnya, tim juri dipimpin langsung oleh fotografer profesional asal Jepang. Sedangkan untuk lomba kali ini belum diketahui siapa yang menjadi tim jurinya, untuk menjaga kerahasiaan penilaian.

Tim juri akan memilih satu pemenang pertama yang akan mendapatkan plakat emas, dua pemenang yang mendapatkan plakat perak, dan tiga pemenang plakat perunggu. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada pertemuan para pimpinan Kepanduan Asia-Pasifik ketujuh, 7th APR Scout Leaders Summit, yang akan digelar di Bangalore, India, Juni 2010. Foto para pemenang akan dijadikan poster dan kalender Biro Kepanduan Asia-Pasifik.

Sekadar catatan, dua peserta dari Gerakan Pramuka pernah menjadi juara pertama dalam lomba foto ini pada tahun yang berbeda. Keduanya adalah Kak Muhammad Rasyid dan Kak Saiko Damai. Kamu juga mau? Tunggu apa lagi, ikutan lomba foto, yuk!

Sumber : http://informasilombatahun2009.blogspot.com/2009/12/lomba-foto-2010-kepanduan-asia-pasifik.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan dan Komentar Anda