Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google

Puisi

Model Membaca Puisi Siswa Kelas XIIA1

16 Maret 2010

Memiliki Perpustakaan Yang Lengkap dan Modern

(Artikel Keenam)

Kita sering mendengar pomeo, bahwa "perpustakaan adalah jantung perguruan tinggi". Ungkapan ini tepat sekali karena perguruan tinggi sebagai wahana kajian ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat tinggi membutuhkan banyak sumber referensi. Sumber-sumber tersebut baik dari kliping koran, buku-buku, majalah, hasil karya penelitian (skripsi, tesis, bahkan disertasi), jurnal penelitian, kamus, dan ensiklopedia tersedia lebih lengkap di perpustakaan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern juga mendukung ketersediaan data-data digital dan multimedia dalam bentuk CDROM. Perkembangan internet juga semakin memoderninasi pelayanan perpustakaan.
Perpustakaan yang terhubung dengan internet akan dapat mengangses data maupun referensi antarperpustakaan di Indonesia bahkan di luar negeri. Saat ini banyak perguruan tinggi yang telah bekerjasama dalam mewujudkan 'virtual library'. Gagasan ini semakin mempermudah akses data dan informasi ke perpustakaan di seluruh dunia.
Bila pihak perguruan tinggi menyediakan fasilitas nirkabel melalui sarana wifi / hotspot maka sumber-sumber perpustakaan akan dapat diakses dari ruang perkuliahan maupun di sekitar kampus. Bila mahasiswa memiliki modem (usb) sendiri maka ia pun dapat mengakses sumber perpustakaan 24 jam di rumah maupun tempat lainnya.
Tampaknya bila ingin menjadi perguruan tinggi idaman dan maju, jangan lupa menjadikan perpustakaan kita lengkap koleksinya dan modern dalam layanan dan fasilitasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Masukan dan Komentar Anda