Selamat Datang,

Blog ini berisi segala wacana yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia. Di antaranya tentang wacana bahasa dan sastra Indonesia, bahan ajar, pusi, cerpen, penelitian, lomba menulis / mengarang, hingga tes kebahasaan.
Saya berharap ada kritik dan saran Anda yang dapat menyempurnakan blog ini.

Bagi adik-adik, silakan membaca atau mengkopi isi blog ini untuk keperluan tugas atau lainnya. Sesuai dengan etika ilmiah, silahkan kutip sumbernya yaitu dari blog ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Blogmaster



Puisi

Model Membaca Puisi Terbaik

27 April 2010

Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk tingkat SMA/MA se-Indonesia 2010

Deadline: 12 Juni 2010

Deskripsi Acara
Olimpiade Ilmu Sosial 2010 merupakan ajang tahunan bagi para siswa/-i Sekolah Menengah Atas se-Indonesia untuk berkompetisi dalam bidang Sosial. Paper Writing Competition (PWC) merupakan seleksi awal dari Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) 2010. PWC juga menjadi wadah bagi para siswa/-i untuk berlatih menuliskan ide-ide kreatif dan menawarkan solusi atas isu yang diangkat, yaitu ” Peran Generasi Muda dalam Membangun Bangsa”. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga perspektif yang diambil yakni :
• Perspektif Ekonomi
• Perspektif Politik
• Perspektif Sosial-Budaya

Seluruh paper yang masuk kemudian akan diseleksi untuk memilih 29 sekolah yang akan meengikuti putaran final Olimpiade Ilmu Sosial pada tanggal 1-6 Agustus 2010, sementara pemenang OIS 2009 tidak perlu mengikuti proses ini. Dalam seleksi awal ini diberlakukan sistem kuota per daerah sehingga keterwakilan setiap daerah juga diperhatikan di samping kualitas peserta.
Makalah tersebut dibuat sesuai struktur dan sistematika makalah yang baik dan benar meliputi :
1. Pendahuluan, yang berisi penilaian atas:
• Latar belakang: makna penting dan menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, berisi uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan.
• Rumusan masalah: ketajaman penulis dalam mengintisarikan permasalahan yang ditelaah, mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan.
• Maksud dan tujuan: sesuatu yang bermanfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
• Kerangka teori, berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
• e. Metode penulisan: penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat analisis-sintesis, mengambil kesimpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
2. Bagian isi / Pembahasan, yang berisi penilaian atas:
• Identifikasi masalah: kejelian penulis dalam mengintisarikan permasalahan yang akan dianalisis secara jelas dan tidak berbelit-belit.
• Analisis masalah: didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
• Data penunjang: kemampuan untuk memperkuat pernyataan yang dituangkan dalam analisis makalah dan memiliki kesesuaian dengan konteks yang ingin disampaikan.
3. Bagian akhir atau penutup, mengandung kesimpulan yang harus konsisten dengan analisis permasalahan, saran yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan. Bagian ini juga memuat daftar pustaka.
Selain itu, makalah juga harus memperhatikan beberapa hal antara lain:
1. Pemakaian Bahasa meliputi:
a. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sekaligus efektif dan efisien.
b. Teknik penulisan (misal: tanda baca)
2. Topik:
• Relevansi dengan realita kehidupan sosial atas salah satu dari ketiga isu yang ditawarkan panitia.
• Contoh kasus: kemampuan untuk menggunakan contoh yang konkret dan sesuai dengan konteks kasus yang diangkat.
• Originalitas ide dan gagasan: kemampuan penulis makalah dalam mengangkat isu serta menyampaikan ide dan gagasan baru secara cerdas.
• Objektivitas data dan fakta: kemampuan penulis dalam menempatkan tulisan yang menggambarkan sikap objektivitasnya dan kejernihan penulis dalam memilah-milah data dan fakta yang diambilnya.
3. Pencantuman sumber data: terkait relevansi sumber-sumber bacaan dengan pembahasan topik permasalahan dan format penulisan daftar pustaka dan kutipan yang benar.

Deadline pengumpulan karya : 12 Juni 2010 (cap pos)
Untuk Informasi lebih lanjut dapat dilihat di : olimpiadeilmusosial.wordpress.com
atau hubungi Disa (08561910675) dan Uta (08569940850)

Avina Nadhila Widarsa
Student of International Relations Departement
Faculty of Political and Social Sciences
University of Indonesia

Sumber : http://ajangkompetisi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan dan Komentar Anda

Cara Cepat Mencari Blog Ini>>>>>>>>>>> Ketikkan Wacana Bahasa pada Google